10 July 2013

Sang Penghapus Mimpi #3

Okedeh, akhirnya kita sampe ke bab terakhir.. hahaha, bab kesimpulan :D Baru ini nulisnya ampe 3 bab uda kayak makalah -,-

Dari serangkaian waktu dan kejadian yang luar biasa 2 bulan terakhir ini, aku banyak banget dapet ilmu dan hikmah. Mungkin kalau aku ceritain sampai detail2nya gimana usaha yang uda aku lewatin dan kalau aku termasuk orang yang gampang berpikir negatif terhadap sesuatu, mungkin aku akan bilang bahwa Allah gak adil.. Aku gak percaya dengan semua ini, apa ini "hadiah" dari usaha aku selama setahun mati2an buat sbmptn?? malah akhirnya aku keterima di tempat yang gak terpikir sebelumnya..

Setiap manusia pasti pernah merasa kecewa, baik terhadap sesama manusia atau bahkan mungkin sama Tuhannya.. seakan apa yang diusahakan dan diharapkannya selama ini bernilai NOL BESAR. Ga ada artinya.. Tapi pikiran itu hanya berlaku pada orang-orang yang belum cukup keyakinannya atas kuasa Tuhan atas dirinya. Bisa jadi kegagalan atau ketidaksenangan yang Tuhan beri adalah bentuk balasan atas perbuatan kurang baik kita, atau bisa juga sebagai ujian yang akan membuat kita semakin kuat, kuat, dan kuat. Yang pasti hanya 1 hal, bahwa Allah tidak akan pernah mendzalimi hambaNya.. Bagaimanapun juga apa yang Allah berikan adalah adil dan baik buat kita.. Allah bahkan menyanyangi orang yang tidak beriman sekalipun.. maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? 

Kali ini aku dapet suatu perumpamaan yang luar biasa.. Bahwa setiap kita mempunyai hak untuk menuliskan mimpi setinggi-tingginya, semuluk-muluknya, seindah-indahnya. Tapi jangan lupa, ada Allah yang lebih berhak menghapusnya, menggantinya dengan yang lebih baik.. :)

Dari ketetapan Allah dengan gak lolosnya sbmptn aku, jujur banget aku seneng.. why? karena akhirnya aku tau bukan dokter jodohku. hahaha.. bukan aku gak mau jadi dokter, tapi setelah aku liat lagi dan renungin lagi, ternyata niat untuk jadi dokter itu bukan panggilan hati. Aku mau masuk FK supaya umi abi bangga, mbah, bulik, dan temen2 juga bisa liat kalo aku bisa berhasil masuk FK, dan dua kata yang akan terucap saat aku tau aku masuk FK adalah "Alhamdulillah.. akhirnyaa.." "akhirnya.." itu adalah ekspresi lega, ekspresi beban yang udah ilang, ekspresi akhirnya aku bisa lunasin hutang2 dan janji2.. 

Tapi mungkin ada satu hal juga yang gak akan aku temuin kalau aku bener2 masuk FK, yaitu keyakinan aku sendiri bahwa apa bener nih aku bisa jadi dokter? sementara aku bla bla bla bla.. aku cuma gak yakin apa dengan orang "tipe" kayak gini bisa jadi dokter.. ayolah, aku rasa gak siap kalo harus berhadapan dengan dunia kedokteran. Mungkin ini akibat baca buku GaCaDo (Galaunya Calon Dokter) yang berisikan cerita2 anak kedokteran semasa kuliah dan koass -__- sukses bikin aku galau beneran dan gak yakin "apa ntar gue harus kayak gini?"

Dan kalopun aku jadi masuk kedokteran, aku bakal julukin diri aku "Anak Teknik yang Kuliah di Kedokteran." Hellooo... apapun itu yang jelas nyasar namanya.. jelas2 dunia teknik dan dokter itu ibarat bumi dan langit / laut dan darat.. tapi keduanya saling melengkapi dan simbiosis mutualisme :D hahaha

Aku gak bilang jadi dokter itu buruk, aku juga gak ngeremehin.. yaah karena aku tau bagaimanapun jadi dokter itu emang luar biasa banget pengorbanannya. My mother for example.. :)
Tapii.. bukan cuma dokter aja yang bisa keren, engineer juga kok! ^^ 

Dan hikmahnya lagi aku ngerasa akan lenih bisa leluasa mengeksplorasi diri kalau aku di teknik. Mungkin kalo aku di kedokteran, kesibukan aku bakal terfokus sama kuliah doang.. Padahal nyempetin weekend buat hiking, bisa belajar desain grafis, bisa maen basket lagi tiap minggu, trus punya usaha kecil2an buat ngisi kantong, itu semua masih jadi mimpi2 aku berikutnya. Gak papa Allah menghapus 1 mimpiku, karena aku masih punya 99 mimpi lagi yang masih bisa aku perjuangin dan bikin 1 lagi yang baru^^v



So, selalu ada hikmah di setiap kejadian, baik atau buruk. Karena selalu ada tangan yang lebih berkuasa dan lebih berhak menentukan yang terbaik.  

Kali ini aku sama sekali gak merasa ada penyesalan, karena insyaAllah aku yakin Allah liat semua usaha dan ikhtiar aku. Aku seneng karena akhirnya aku bener2 tau kemana sekarang aku harus fokus dan jalan apa yang bisa aku tempuh buat mensukseskan mimpi2 dan tentunya membanggakan orang tua. Bismillah.. perjalanan masih panjang dan perjuangan belum berhenti. Aku pengen supaya Allah selalu ada bersama dengan aku agar aku selalu yakin bahwa hanya Aku dan Allah lah penentu hebatnya masa depanku :)



REFERENSI KEREN!
Rif'an, Ahmad Rifa'i. 2013. My Life My Adventure. Gramedia: Jakarta.

Meraih mimpi itu seperti mendaki gunung

Sedikit cerita ketika di tahun 2013, saya ingin sekali merasakan pengalaman naik gunung sungguhan. Saat itu saya baru semester pertama di ka...