2 October 2011

Pivot

Wah, udah lama kgak ngepost lgi nih.. dan akhirnya sumber2 yg saya cari2 dri dulu dpet juga.. soalnya buat pivot ini, banyak maknanya (apaan deh? -__-") yaa pokoknya gitu deh..

Pivot, bagi yg udah biasa n suka maen basket pasti ga asing ma teknik yg satu ini. apa sih pivot itu? jadi, pivot itu artinya "gerakkan memutar tubuh dgn cara satu kaki digunakan sbg sumbu. Maksudnya sumbu ini tu kaya jangka, nah ibarat satu kaki ini tu kaya yg tajemnya  dan yg kaki satu lagi tu jadi pensilnya. Jadi intinya hanya satu kaki yg boleh berputar 360 derajat." Kalo ga ngerti, coba lihat di youtube tentang gerakkannya, mudah-mudahan langsung ngartos! soalnya emang rada sulit kalo gak diperagain.. haha..

Trus buat apa sih pivot? ke muter2 sgala?  Nah, jadi tujuan pivot itu "ketika kamu mendapat passing dari teman dan posisi kamu sudah dekat dgn daerah untuk shooting, jangan buru-buru langsung menjatuhkan bola dan mendribble. Tapi, prtama yg harus dlakukan adalah hands up(kita megang bola, trus posisi tangan kaya mau shooting tapi diatas kepala), perhatikan lawan di depan kamu, kalau dia tidak mendekati melainkan memberi jarak untuk shooting, maka shootinglah dan jangan ragu. tetapi jika dia mendekati kamu, gunakan pivot! pivot penting sekali untuk melindungi bola agar tidak di steal lawan dan saat melakukkan pivot, gerakan kita mesti gesit. lalu dgn pivot, kamu jg bisa mencari celah untuk passing ke teman, atau nge-fake lawan sehingga kita bisa melakukan shooting atau drive lalu lay up.." wes wes, bahasanya keberatan gak nih?? hehe..


Pivot itu sangat penting sekali bagi para center dan forward. kenapa? karena posisi center dan forward itu pasti selalu di area dalam, nah gunannya pivot ini supaya center bisa dgn mudah meletakkan bola ke ring. coba deh kalo center ga pandai pivot, trus dijaga ketat abis sama lawan centernya dan dia gtau harus gmana padahal ring uda deket bgt ma dia. bakal kerepotan pasti. hehehhee..
Trus Pivot itu dapat berbentuk :
  1. In Front Pivot (front turn).
  2. Reverse Pivot (reverse turn).

kalo mau latihannya, kamu coba aja dribbling bola sambil teman kamu menghadang di depan,, trus kamu harus berusaha pivot,, selamatkan bola dari dia! (ceritanya dia mau ngambil, padahal mah berdiri aja cukup kalo cuma buat latihan) ;)

Jujur aja waktu belajar teori ini saya kelibetan muter2nya,, karena emang bisanya spontan,, tau2 udah pivot aja, muter menghindari lawan... ya kgak inget gimana muternya (kepepet soalnya),, tapi bener kok..hehe..
Tapi emang kalo sampe sekarang ditanya gimana? saya gak bakal bisa jelasin soalnya ribet pasti..

Yang penting kalo mau bisa harus sering2 latihan dan jangan takut salah.. yang namanya bayi juga gak bisa begitu lahir langsung jalan atau bahkan lari-larian kan??


So, if you love it, just do it! ^^
Semoga bermanfaat..


P.S. : maaf ga ada gambar,, mending cari di you tube aja yah!





-basketholic-


Meraih mimpi itu seperti mendaki gunung

Sedikit cerita ketika di tahun 2013, saya ingin sekali merasakan pengalaman naik gunung sungguhan. Saat itu saya baru semester pertama di ka...