2 August 2012

I'm Proud to be a Muslim

Siang tadi, tiba2 aku tergerak buat nonton tv. entah setan dari mana siang2 gitu, jariku langsung mencet2 tombol chanel. akhirnya jariku berhenti di Metro Tv. hehe.. baguslah, bukan sembarang setan nih yang bisikin aku nonton metro. soalnya buat aku pribadi, nyari acara yang mutu sekarang suseh. kalo ga kuis yang ga jelas, gosip, komedi. pantas gak maju2 kalo banyaknya nonton gituan semua. -___- yah, lanjut ke metro.. tadi itu acara besarnya berjudul Wide Shoot.

sambil ambil bantal dan posisi yang enak di depan tv, berita2nya awalnya masih belom seru. sampai pada satu berita tentang olahraga. tentang 8 pemain badminton yang kena diskualifikasi di olimpiade, England. Nah, ini baru berita yang aku cari2 videonya dari tadi pagi. Tentang 2 pemain dari china yang dari awal "bermain sabun", gak perlu saya sebut namanya, karena saya juga gak ingat. yah, kalo mau tau cari aja di google ya. 2 pemain ganda putri Indonesia juga kena masalahnya Bro! yah, mereka juga ikut2an china yang "main sabun" duluan. .................... oke, balik lagi ke judul yah!^^

cukup lama tuh berita, ampe bikin ane tidur. eh pas bangun2 ternyata udah ganti topik. samar2 aku denger lagi bahas tentang masjid, eh ternyata lagi wawancarai 2 pemuda eropa, yang menjelajahi semua masjid di Amerika! pas mereka di wawancara, posisiku masih rebahan, masih setengah sadar. apalagi mereka ngomong english, kalo kgak melek mata dan telinga, mana ngartos! hehe.. okelah abis tu aku benerin posisi jadi sedikit lebih serius.

Ooh ternyata Wide Shoot lagi ngebahas suasana ramadhan di negara2 eropa. gimana kondisi muslim di sana. trus kegiatan2 mereka. baru dah ni aku melek 100%! nah, pertama mereka nyiarin itutu, 2 pemuda yang jelajahin seluruh masjid di Amerika. trus ternyata sob, ada loh Imam Masjid di Masjid Ar-rahman, di... (aduh lupa, New York apa Washington, yang jelas di Amrik lah yaa ^^v) nah, dia itu asli orang kita loh Man! Orang Indo! Namanya kalo gak salah, semoga bener, Imam Muhammad Joban. hehe.. ane inget Imam ama Joban-nya doang. kalo salah mohon koreksi ya! nah, ceritanya, beliau itu sewa sebuah tempat di sana seharga 3juta us dollar , nah terus dibikin masjid dengan biaya 2juta us dollar. Nah, beliau dipercaya buat jadi imam di sono, dan sangat disegani.

Weh, kalo masjid di Amerika, pastinya makmumnya gak cuma 1 bangsa/suku, kayak di Indo. Tapi banyak dari negara2 lain juga! ada dari china, pakistan,
india, dan tentunya bangsa Amerika sendiri. wih, gimana gak Subhanallah?? trus di masjid Ar-rahman itu juga ada tempat2/ruangan khusus buat belajar.
dari mulai tk bahkan rencananya mau dibikin juga buat senior high school-nya (tingkat SMA maksut ane ;) hehe.. keren kan?

nah, lanjut berita/bahasan yang ke2, si reporter pindah sekarang ke virginia. Beuh, ini yang paling unik Sob! Nah, di Virginia, ada suatu komunitas muslim di sana mereka ngadaiin acara buka bersama bareng kaum yahudi. wah, awalnya aku heran2 gimana coba? tapi emang ini yang paling unik plus berkesan banget buat aku pribadi. Nah, di acara buka bersama itu, orang yahudi juga ikut shalat berjamaah bareng orang islam (yalah,, sapa lagi?) trus orang islam-nya juga ikut dzikir-nya orang yahudi. Lagi2 saya lupa apa nama kegiatan dzikir kaum yahudi itu, yang jelas itu adalah dzikir mereka pada hari sabat, guna mengingat tuhan.
Nah, ternyata ini gak cuma buka bersama yang isinya, ta'jil, shalat, makan, bubar. -indonesianculturebgt -__- tapi acara ini ya bertujuan juga buat menjalin kebersamaan dan kesepahaman. Karena kebanyakan orang berpikir yahudi-islam tidak pernah akur, apalagi buka bareng?? hehe.. ternyata itu NOL besar. Ternyata banyak kesamaan antara islam dan yahudi. yaitu sama-sama keturunan Nabi Ibrahim AS, trus sama2 menjunjung tinggi tauhid, kejujuran, kerendahan hati, dan giat mencari ilmu.

setelah buka bersama itu mereka juga ada acara ya kayak bincang2 gitulah. berbagi cerita tentang pengalaman beragama mereka. Dan benar! banyak sekali yang kita "miss" yang bikin banyak perpecahan dan konflik atas nama yahudi dan islam. T.T sedihnya.. padahal baik muslim atau yahudi, kedua2nya memiliki banyak kesamaan dan tentunya penganut agama yang taat. hanya saja, banyak pihak2 yang rada miring, kemudian atas nama agama, terjadilah isu2 yang kgak enak dan bikin kita saling miscom. :(
inilah yang aku sendiri benci! adanya perpecahan atau konflik antar agama, padahal mah ya.. "lakum dinukum waliyadiin", bagimu agamamu, dan bagiku agamaku.. oya, trus adalagi sob, seorang wanita yahudi, udah lumayanlah umurnya, tapi masih bugar. kalo di kita mungkin kayak ustadzah.. nah, ternyata dia itu mengaku mempelajari dan membaca Al-quran biar bisa ikut shalat! Whuuu... Subhanallah. dan pas dia diminta baca Al-Fathihah.. Lancar beeet! Faseh! Fluently! coba... orang non-muslim aja belajar dan mau baca Qur'an, lah kita yang mayoritas muslim?

Nah, ini dia Sob benang merahnya. Kalo kita sering2 liat dan tau perkembangan islam di Eropa sana, pertama: kamu bakal kagum dan terkagum2, bangga yang jelas. Umat muslim dunia semakin bertambah. yang kedua: Malu. Karena negara kita yang mayoritas "Muslim" sangat minoritas yang punya nilai2 keislaman itu sendiri. sedih gaaaa seeeh?? -KALO LO MUSLIM, LO PATUT SEDIH-

Lihat, mereka yang mino, masuk islam karena mereka mempelajarinya. mereka jadi tau dan akhirnya mendapat hidayah. sementara kebanyakan orang kita, islamnya KTP doang. sisi positifnya, kita harus bersyukur karena terlahir sebagai seorang muslim sob. kita gak perlu repot2 kesana kemari buat nyari cahaya islam. Kita udah dibimbing orang tua, guru di TPA, sekolah,, tentunya kita harus bersyukur dan bangga. Islam itu cahaya sob. ^^ nah, buat muda-mudi muslim se-Indonesia.. coba deh, kita jangan cuma liat perkembangan musik, mode, life style, film, orang barat. tapi coba dong kita liat juga gimana gigihnya islam di sana. Gimana mereka mempertahankan izzah di Negeri Paman Sam yang mayoritas non-muslim. coba, di bulan puasa gini di sana mah restoran kgak tutup! orang mau makan di mana aja juga sok. gak ada label "selamat menunaikan ibadah puasa" kayak di kita. sekali lagi kayak di kita, yang mayoritas beragama "islam", tapi kebanyakan gak beridentitas "Muslim"

Nah itulah kenapa I'm Proud to be a Muslim/Muslimah. kita harus bangga dengan identitas ini. Bangganya ya dengan cara mudah banget, kalo ikhlas dan hanya karena Allah SWT. Ya dengan cara menutup aurat, ramah dan sopan kepada siapapun, saling menghargai antar agama, berprestasi, dsb. Karena dengan setiap yang kita lakukan, semua orang akan liat, dan akan melihat bagaimana kita terlihat. Ya terlihat dari cara berpakaian, bergaul, dsb. tentunya semakin bagus dan baik yang kita tampilkan, semakin baik dan senang juga orang kepada islam. Jadi, gak ada lagi deh tu yang namanya teroris, saling curiga dan bermusuhan.
Karena islam itu sendiri juga tersebar dengan jalan perdamaian. orang2 yang ngambil jalan dakwah yang salah, malah jadi gak bener akhirnya. Kalo sobat pada mau lebih terinspirasi, baca deh tu 99 Cahaya di Langit Eropa! hehe dah baca belom? harus baca ya pokoknyaa^^

Oke, the last.. akhirnya aku dapatkan juga sesuatu yang semoga bisa bermanfaat buat sobat muslim sedunia. Muslim/non-muslim... kita semua sodara^^ kita harus saling menghargai dan mewujudkan yang namanya perdamaian di dunia.^^ Semoga Tuhanmu, tuhanku, tuhan kita, Allah memberkati kita semua.. amiin.


SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA SAUDARA MUSLIM SEDUNIA^^

Meraih mimpi itu seperti mendaki gunung

Sedikit cerita ketika di tahun 2013, saya ingin sekali merasakan pengalaman naik gunung sungguhan. Saat itu saya baru semester pertama di ka...