31 October 2012

The Lead Dog

IF YOU'RE NOT THE LEAD DOG
The scenery never changes...

Hari ini aku dapet motivasi baru. Mungkin motivasi ini biasa tapi dari sesuatu yang sederhana sesuatu yang besar itu terbentuk.

Kalimat ini awalan aku gak ngeh dan gak aku pedulikan sama sekali. Aku pikir ini hanya sebuah judul majalah teknik kimia, jadi aku lebih fokus sama produk yang diiklankan di bawahnya. Tapi ternyata, dosen fisika teknikku menghapus semua isi dan keterangan-keterangan tentang produk dan perusahaan maupun sumbernya. Beliau hanya menyisakan gambar dan judul seperti yang tertulis di atas..
aku yang udah ribet2 translate abstrak dari produknya itu, jadi gak kepikiran sama sekali sama apa yang mau bapak itu maksudkan...

Ternyata, maksud dari Pak Dosen itu menghapus dan menyisakan judul dan gambar di atas adalah ibarat seekor Lead Dog, memimpin anjing-anjing anak buahnya sehingga ikut berjalan ketika si Lead Dog itu berjalan. Si Lead Dog dia pasti berada di depan, karena dia yang akan membawa anak buah serta kereta bergerak. Artinya Lead Dog punya peran sangat besar dalam menggerakkan pasukan hingga sampai ke tujuan.

Nah, kalau tadi Lead Dog, sekarang tentang anak buahnya, yaitu anjing-anjing yang hanya mengikuti kemana si Lead Dog tadi membawa mereka. Simpelnya mereka ya hanya sebagai tenaga tambahan, tapi Lead Dog lah penggeraknya..

Kalau maksud kalimat "the scenery never changes" adalah perbedaan view atao scenery antara Lead Dog dan anak buahnya. Lead Dog, karena dia di depan, maka apa yang dia lihat akan terus berubah. Sementara mereka yang bukan Lead Dog, bisa kalian tebak apa pemandangan mereka?
Ya, pemandangan mereka tidak akan berubah, karena mereka berada di belakang, yang mereka lihat adalah  bokong si Lead Dog dan bokong kawanannya... fufufu...

Jadi paham kan? Itulah yang membedakan antara Lead Dog dan Not The Lead Dog.
Tapi ini bukan cerita antara mereka, kita ibaratkan dari Lead Dog sampai kereta adalah sebuah organisasi/institusi/perusahaan/lembaga dan sebagainya. Dimana si Lead Dog adalah pemimpin/direkturnya.. anjing-anjing anak buahnya adalah perkerjanya, dan kereta itu sendiri adalah institusinya.

Kita bisa tau bagaimana rasanya jadi Lead Dog yang berada selalu di depan dan anak buahnya yang berada di belakang. Jadi, kalau kita gak jadi Lead Dog, alangkah malangnya pemandangan yang kita dapatkan. Gak ada perubahan dan bukan scenery yang bagus. ya gak?

Jika kita tidak mau maju, maka kita hanya menikmati sisa-sisanya saja. Karenanya kita harus aktif. Gunakan wawasan dan ilmu yang kita miliki untuk memimpin, untuk mengemukakan pendapat, untuk mengangkat diri kita. Sehingga mereka, orang-orang mengenal kita dan kita bisa mendapatkan posisi yang baik di antara mereka.

Jangan mau cuma diam, cari aman dan sebagainya. Kita harus berani menampilkan diri kita, dengan segala kekurangan dan kelebihan yang terpenting adalah keberanian. Keberanian untuk mengambil resiko, resiko positif maupun negatif. Itulah jiwa leadership yang harus kita miliki.

Jadi, jangan mau gak jadi kayak Lead Dog.. kita harus memiliki posisi seperti Lead Dog. Selalu berada di depan. Dengan begitu, pandangan, pengalaman, wawasan kita akan lebih luas daripada hanya menjadi anak buah.

Remember!

  IF YOU'RE THE LEAD DOG
THE SCENERY ALWAYS CHANGES!

Meraih mimpi itu seperti mendaki gunung

Sedikit cerita ketika di tahun 2013, saya ingin sekali merasakan pengalaman naik gunung sungguhan. Saat itu saya baru semester pertama di ka...