25 January 2013

Ada yang tau apa sebab Bumi/Bulan berotasi?


Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda – tanda (kebesaran Allah ) bagi orang – orang yang berakal. (yaitu) orang – orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “ Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia – sia, Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka” – ( QS. Ali Imran:190-191)

Tulisan ini berawal dari sebuah pertanyaan "Apa yang menyebabkan bulan/planet berotasi?"
Ceritanya kemaren aku lagi ngerjain soal SNMPTN Fisika tahun 2011, dari panduan soal SNMPTN UNS. Ada satu pernyataan yang menjebak aku masuk dalam dunia fisika, semuanya serasa berevolusi tak henti, menimbulkan banyak pertanyaan. 

Soalnya gini:
Apakah periode putar suatu satelit dalam mengitari bumi pada jarak orbit r tergantung pada masa bumi? Sebab Menurut Hukum Keppler periode satelit bergantung pada jari2 orbitnya.
Jawaban yang tepat adalah:
Satelit yang dimaksud adalah satelit buatan, periode satelit bergantung pada periode rotasi bumi, bukan massa bumi. Karena periode satelit tidak bergantung pada jari2 orbit tapi bergantung pada periode rotasi bumi.

Nah, ada beberapa pertanyaan dalam benak saya tentang pernyataan2 diatas :
“Satelit buatan berotasi? Apa iya? Apa bulan juga berotasi? Apa bedanya periode rotasi bulan dan satelit buatan? Rotasi... gravitasi.. bulan bisa tertahan di sumbunya karena ada gravitasi bumi. Tentunya bulan juga punya gravitasi karena bumi dan bulan punya massa. Setiap benda bermassa dan terpisah sejauh r pasti punya gravitasi. Tapi kenapa satelit juga bisa mengelilingi bumi? Satelit juga benda, benda pasti memiliki massa. Tapi pasti massa satelit tidak akan sanggup menarik bumi. Ya kan? Tapi kalau Cuma karena gravitasi, kenapa bulan harus berputar atau berotasi pada sumbunya? Gaya gravitasikan tinggal lurus. Gaya gravitasi bulan-bumi mempertahankan mereka pada posisinya, tapi kenapa harus berputar juga (rotasi)?"

Itu dia, hipotesa awal saya yang berujung pada pertanyaan. Akhirnya karena penasaran banget aku sms beberapa temen yang mungkin bisa tau jawabannya. Panjaaaaaang cerita dan berbagai hipotesa2 akhirnya ada satu titik terang. Berikut cuplikan diskusi via sms dengan teman sebangku saya waktu SMA^^ diketik oleh Hanifah FFG di facebook. Boleh kalo mau liat disini. :)
Kalo diketik takutnya kepanjangan. Disana juga ada jawaban dari salah satu guru fisika SMA saya, berkaitan dengan diskusi kita. 
Ini jawaban beliau tentang pertanyaan gravitasi, rotasi dan gaya sentripetal dan sentrifugal :
  1. gaya gravitasi itu terjadi antara 2 buah benda yg bermassa yang terpisah pada jarak tertentu, So, dimana pun asal ada benda bermassa yang terpisah sejauh r. pasti ada gy gravitasi. factor jarak dan massa benda yg kemudian akan membuat nilai gravitasi sangat kecil sehingga bias dianggap nol dalam beberapa kasus. ga percaya, cek aja 2 orang yg massanya 50 kg terpisah sejauh 1 meter. kerjain coba berapa nilai F-nya? kecil bgt, karena ada kontansta gravitasi. tp untuk benda bermassa besar seperti planet dan bintang gaya grafitasi gede bgt.   
  2. Rotasi bumi dan revolusi bumi.
    saya juga belum menemukan konsep fisika yg jelas tentang penyebab bumi berotasi, ini PR buat guru fisika dan ilmuan fisika. utk revolusi, gaya gravitasi itu arahnya saling tarik menarik, kalau kita anggap hanya ada gy gravitasi bumi matahari harusnya bumi bergerak tertarik ke matahari, tapi ternyata bumi malah berputar pd garis edarnya. agar bumi bergerak berputar maka harus ada gy dorong pertama kali yg mendorong bumi/planet lain untuk bergerak lurus dan gaya resultan antara gy dorong ini dengan gravitasi menghasilkan gerak revolusi. PR buat guru fisika dan ilmuan, siapakah yg memberikan dorongan pada bumi/planet lain itu? ternyata gurunya juga byk PR-nya ya. 
     
  3. gaya sentripetal Vs sentrivugal
    gaya sentrifulag termasuk gaya fiktif alias gaya khayal. ia tidak pernah ada, nama gaya itu hanya untuk menjelaskan mengapa benda berputar dengan tali kemudian talinya ptus, ia terlempar keluar. bisa di googling jenis2 gy fiktif.
Nah, dapat disimpulkan pertanyaan saya tentang rotasi itu belum terjawab, masih sama persis dengan hipotesa awal saya dan saya baru tau kalo gaya sentrifugal itu cuma gaya fiktif? iya kah? masih perlu penjelasan dan kembali penasaran -__-" Hmm.. dari blogwalker sekalian? Kalo ada yang tau jawaban yang tepat dan mudah dimengerti alias jangan jawaban copas (seperti yang saya temui di beberapa situs kemaren -___-“) tolong di share ya.. ^^ biar semua orang yang penasaran dengan ginian bisa segera tidur nyenyak (loh?)

Ga ada sesuatu yang Allah ciptakan dengan sia-sia. Semua pasti ada ilmu yang kemudian membuat manusia berfikir dan meyakini ada satu zat diluar kemampuan manuia, ada sesuatu yang mengendalikan semua keharmonisan alam semesta, ada peran Tuhan yang Maha Kuasa atas alam semesta ini. Ialah Rabb, Sang Pencipta, Allah Subhanahuwata'ala.

Meraih mimpi itu seperti mendaki gunung

Sedikit cerita ketika di tahun 2013, saya ingin sekali merasakan pengalaman naik gunung sungguhan. Saat itu saya baru semester pertama di ka...