15 February 2013

Apa sih sukses?

Apa sih sukses? Dari tadi aku mikir, kayak apa si rasanya sukses? kayak gimana si sukses itu?

Lulus UN? Udah..

SNMPTN? udah juga..

Dapet award pas wisuda? Alhamdulillah..

Masuk Teknik? He eh..

Organisasi dari tingkat jurusan ampe univ? ikut juga, biar kejeblos..

Tapi kenapa rasanya kok kayak berlalu gitu aja ya? dan selalu ada hal lain, keinginan lain yang menggantung terus di kepala. Mimpi-mimpi aku udah ada yang kecoret, tapi kenapa? kenapa manusia itu tidak pernah puas? kenapa manusia itu bisa punya lebih dari 100 mimpi? dan selalu merasa yang lalu sudahlah berlalu dan raihlah yang lebih di depan.. terus dimana kesuksesan itu? kapan yang namanya sukses itu bisa dibilang "sukses"??

Kayak apa si sukses yang aku pengenin itu? masuk FK kah? Hokkaido Univ kah? punya duit banyak kah? bisa traveling sesuka hati? jadi dokter di sebuah rumah sakit besar?

Hahhh.. tapi aku jujur masih ga kebayang apa yang akan terjadi di masa depan. Waktu itu aku sering bayangin aku lulus UN trus lolos SNMPTN, kuliah.. dan sekarang.. aku lagi ngejalaninnya, tapi.. aku merasa bukan ini akhir pencapaianku. Ya bukan ini, bukan cuma sampe di sini dan gak mau cuma berakhir di sini. Aku inginkan beberapa tahun lagi aku temui diri aku bisa lebih dari ini, dari keadaan saat ini. Dari apa yang udah aku impikan kemarin. Aku ingin bermimpi lagi... selalu, selalu itu yang aku pikirkan. Intinya, belum ada suatu kepuasan yang berarti.

Aku gak tau kayak apa aku umur 25 nanti. Apa udah punya banyak duit kah? ato masih minta ama umi abi? Aku juga gak tau kapan Allah menuliskan takdir aku berdiri di Hokkaido University.. Aku gak tau, yang aku tau hanya suatu hari nanti aku pasti ada di sana. Yang aku tau aku menginginkan hidup yang sejahtera. Tapi apalah artinya kalau sudah sampai aku di mimpi2ku nanti, aku tetap merasa biasa saja.. apakah rasanya sukses itu benar2 hanya biasa saja? ah tapi tidak mungkin.. mana ada rasanya sukses itu biasa saja.. pasti senang, pasti bangga, pasti bahagia... pasti plong rasanya kayak abis bayar utang. Ya utang terhadap mimpi2 yang udah kita tuliskan sendiri.

Aku simpulkan bahwa kesuksesan yang aku cari bukanlah rasa.. yang ia hanya sesaat. Tapi capaian yang always more and more than yesterday.. UN SNMPTN emang udah lewat, rasanya ya kayak gini. Tapi yang selalu aku ingat itu bukan waktunya, bukan time dimana aku berhasil.. tapi prosesnya. Proses sampai aku berhasil. Lulus rasanya ya seneng, tapi gak seneng sampe sekarang, karena udah lewat. Tapi menikmati proses itu yang luar biasa masih terasa sampe sekarang..

Jadi, kalaupun aku udah masuk FK trus jadi ke Hokkaido, aku yakin bakal seneng banget. Tapi aku yakin senangnya gak akan lama, karena pasti ada hal yang lebih menantang lagi setelah mendapat itu semua. Jadi apa itu sukses bagi aku?

Bagi aku sukses adalah bukan dunia, gak akan pernah merasa puas kalau yang aku bayangkan hanya kesenangan di dunia. kesuksesan dan capaian2 di dunia.. karena manusia selalu ingin hidup 1000 tahun lamanya dan keinginan manusia bisa lebih dari 1000 tahun umurnya. Gak akan pernah puas. Jadi aku harus capai suatu bahagia yang abadi.. dimana bahagia yang abadi itu? ada yang tahu?

Meraih mimpi itu seperti mendaki gunung

Sedikit cerita ketika di tahun 2013, saya ingin sekali merasakan pengalaman naik gunung sungguhan. Saat itu saya baru semester pertama di ka...