6 April 2014

Ikan, Laron, Semut

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah nih masih diberi kesempatan buat sharing tulisan-tulisan lagi. Setelah lewatin UTS kemaren, trus agenda-agenda dari organisasi berdatangan dan belum reda juga.. Sepulang mabit, as usual, buka laptop dan find interesting things on the internet. hehe..

well, langsung aja, ada yang tau salah satu grup nasyid "Fatih" gak?
haha, iya ni aku iseng kan nyari2 nasyid acapella di intenert (pengaruh disuruh bikin yel-yel pas mabit -_-) jadi inget aja uda lama gak denger nasyid Fatih, waktu itu di SMP SMA, banyak banget nasyid yang sering diputer.. dan itulah yang aku suka dari nasyid, nasyid selalu punya caranya sendiri, uniknya sendiri, dan makna mendalam tersendiri. Kayak judul postingan aku di atas ini, sebenernya adalah salah satu judul nasyid yang dibawain sama grup nasyid acapella Fatih ini. Boleh deh coba pada searching liriknya sama download mp3 nya sekalian.. hehe

Ok, jujur aku interest banget sama makna dari lirik nasyid ini. Liriknya menceritakan tentang ikan, laron, dan semut, yang punya kehidupan yang luar biasa berbeda jauh dengan manusia (ya iyalah -_-, jenis nya aja kita uda beda).

Kita tau ikan itu kan makhluk yang Allah ciptakan hidup di air. aku punya akuarium di rumah dan emang aku sering banget merhatiin tu ikan di akuarium dan mikir gitu, "Apa ya rasanya jadi ikan, di akuarium yang ukurannya cuma segitu-segitu aja, gak kemana-mana, gak ngapa2in kecuali ya berenang-renang, makan, trus tidur... tapi seumur2 aku beloom pernah nemuin ikan gak betah di akuariumnya trus dia berusaha loncat atau keluar dari akuariumnya.. well, itu menyeramkan -_-' aku harap ikan di akuarium aku masih normal, gak berpindah kemana-mana, tau-tau ada di bak mandi atau air dispenser kan berabe.. hahah intermezoo..

oke, selanjutnya itu laron. Laron itu binatang yang selalu muncul kalo abis ujan, kondisinya lagi malem, dan dia munculnya itu sekampung alias banyak. Yang unik dari laron ini dia punya umur yang gak lama. Dalam semalam dia akan mati, berguguran dan mengotori lantai di kamar asrama atau koridor.. hmm hmm... coba beda dengan serangga yang lain-lainnya kan ya, serangga lain bisa jadi umurnya lebih lama dari laron, buktinya kita bisa liat awalnya di kecil trus lama-lama jadi dewasa dan serangga lain bisa mati ya kalo dimakan predator lain gitu, sedangkan laron? Allah berikan waktu hidup dia hanya semalam.. semalam dia ramai mengerubungi langit-langit ruangan kita, besok paginya dia udah pada syahid (berguguran) di lantai.

Berikutnya itu semut. Kita tau semut itu binatang pekerja, Allah juga menjadikan semut sebagai nama salah satu surat dalam Alquran, yaitu surat An-Naml. Allah ciptain semut itu sebagai contoh buat manusia, karena banyak banget yang bisa kita pelajari, kita renungkan, kita kagum sekagum-kagumnya dengan kehidupan semut. Coba deh baca bukunya Harun Yahya yang tentang kejaiban semut, ato minimal liat videonya aja. kalo saya ceritain disini nanti panjang ceritanya. hhe. Semut itu adalah serangga pekerja yang luar biasa, di bawah kepemimpinan ratunya, mereka selalu gotong royong bawa makanan dan kebutuhan mereka, mereka angkut bareng -bareng dan aku yakin banget semut-semut itu gak kenal istilah cuti ato libur, karena coba deh liat semut, apa kita pernah nemuin semut lagi jalan sendiri? misalnya dia lagi memisahkan diri dari kelompoknya dan mencari makan sendiri, atao gak lagi "pengen jalan-jalan sendiri alias cuti dari pekerjaannya", misalnya dia minta izin libur gitu sama ratunya.. hahah well, gausa dibayangin yak, yang pasti kita semua sepakat kalo semut itu selalu bekerja, selalu loh! everyday dan dia gak pernah mengeluh..

Nah, dari ketiga hewan di atas, makhluk-makhluk luar biasa yang Allah ciptain, dengan segala keterbatasannya (ikan), takdir hidupnya (laron), dan pekerjaan-pekerjaannya (semut), mereka gak pernah mengeluhkan tentang tu semua.

Coba liat kita sebagai manusia, kalo kita di taro di akuarium, eh jangan deh, misalkan kita disuruh diem di kamar aja sehari dua hari, no activities ilaa makan tidur dan jalan-jalan aja di ruangan itu, pasti bosen kan? pasti ngeluh kan? jangankan gak diijinin beraktivitas sama sekali kayak gitu, ada aktivitas, misal ada fasilitas internet atao apapun juga pasti kita bosen..

Trus kalo manusia, dikasi jatah hidup cuma semalam? apaa kata duniaa?? Yakin deh.. -__- entah apa jadinya. well.. kematian itu gak liat usia bro, dia itu dekat, sangat dekat, tinggal tunggu Allah berkata, "Cabutlah Ruh itu dari jasadnya", maka tamatlah episode kehidupan manusia itu.. hmm.. itu kalo manusia dikasih tau ya kalo jatah hidup dia cuma semalem, pasti banyak yang bersegera bertobat dan banyak selalu melakukan kebaikan, lah ini? kita kan gak dikasih tau sampe kapan umur kita akan berakhir. Mampukah kita selalu siap seperti laron? :) siap dengan episode akhir hidupnya..

Next, semut.. Kita manusia gak cuma ditugaskan untuk beribadah kan ya, kita juga pekerjaan. Yang orang tua-orang tua pada kerja di kantor atau tempat kerjanya masing-masing, yang mahasiswa kerja dengan amanah-amanah di organisasinya, yang masi sekolah kerja dengan proses belajar dan menuntut ilmunya.. Dari semua pekerjaan itu, yakin deh, kita banyak berkeluh kesah tentang pekerjaan itu. Ya inilah, ya itulah, ya capeklah, libur dulu lah, santai dulu lah, kok gini, kok gitu.. daaan lain sebagainya.. coba, beda jauh banget ya kita dengan semut.. semut aja yang kecil, lebih kecil dari kuku kita mereka gak ngeluh.. apa kata semut kalo dia liat manusia yang besar itu mengeluh???
oke, kalau gitu jangan mengeluh di depan semut ya.. haha


Subhanallah banget,, masya Allah, Allah udah ciptain makhluk-makhluk unik itu untuk dijadikan pelajaran bagi manusia.. Hewan-hewan itu gak pernah mengeluhkan tentang takdir mereka, kehidupan mereka, dan pekerjaan-pekerjaan mereka. Kenapa? Karena mereka selalu menyertakan Allah dalam kehidupannya.. Ikan setiap hari di akuarium bersama Tuhannya, Laron di sependek hidupnya selalu menyebut nama Tuhannya, dan semut selalu bekerja sepenuh hati bersama Tuhannya..

Sekarang manusia,, Wahai Manusia, sudah sejauh apa hidup dan Tuhanmu?
sedalam apa hidup tanpa Tuhanmu?
dan sudah sekeras apa kerja tanpa Tuhanmu?....

Wallahu'alam, semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik mulai sekarang, tidak berkeluh kesah, tidak lupa untuk selalu bersyukur. Bahwa Allah telah berikan Manusia kehidupan yang luar biasa nyaman dan sempurna.. setelah kenyamanan dan kesempurnaan itu kita dapatkan, masih kah kita mengeluhkan?
Hidup bersama Allah, menghadirkan Allah dalam setiap detik kehidupan kita, itulah yang akan membuat kita tidak bosan seperti ikan, selalu siap seperti laron, dan tidak penah mengeluh seperti semut ^^b

disini kalau mau download nasyidnya Fatih-Ikan, Laron, Semut :)


Meraih mimpi itu seperti mendaki gunung

Sedikit cerita ketika di tahun 2013, saya ingin sekali merasakan pengalaman naik gunung sungguhan. Saat itu saya baru semester pertama di ka...